Ranking Pelatih Barcelona Sejak Dulu

01 Jun, 2017

Barcelona akhirnya mengumumkan pelatih baru yang membimbing mereka pada musim depan. Dia adalah Valverde yang akan menangani Lionel Messi dkk dengan kontrak selama dua tahun.

Hasil gambar untuk luis enrique

Mantan pelatih Athletic Bilbao itu diberi tugas berat untuk menggantikan Luis Enrique yang mundur pada akhir musim. Tak pelak, Valverde pun diharapkan bisa meneruskan kesuksesan yang telah ditorehkan Enrique sebelumnya.

Melihat perjalanan para pelatih Barcelona dalam beberapa tahun belakangan ini memang cukup menarik. Ada yang bisa sukses memberikan banyak gelar dan tidak sedikit pula yang gagal meraih prestasi.

Berikut ini ranking para pelatih Barcelona sejak tahun 2000

Lorenzo Serra Ferrer

Tahun: 2000-2001
Trofi: –

Lorenzo Serra Ferrer sempat menghabiskan tiga tahun sebagai direktur Barcelona sebelum diminta untuk menggantikan Louis Van Gaal sebagai pelatih kepala.

Dia bertugas saat Rivaldo melakukan tendangan akrobatik untuk menyegel hat-trick dan posisi empat sebagai hiburan karena menjalani musim yang buruk setelah tersingkir di fase grup Liga Champions.

Gerardo Martino

Tahun: 2013-2014
Trofi: Piala Super Spanyol 2013

Mewarisi skuad brilian yang baru saja mendapat tambahan Neymar, Barcelona nyatanya masih belum mampu untuk bersaing memperebutkan gelar. Bahkan skuat asuhan pria asal Argentina itu sempat kehabisan bensin dan tidak Martino tidak tahu harus melakukan apa.

Neymar dipaksa bermain di sayap kanan untuk memberi jalan tiga gelandang sentral. Ambisi Barcelona meraih treble gagal total setelah Real Madrid merebut dua piala dengan mengalahkan Barcelona di final Copa del Rey. Dan Atlético Madrid menyabet gelar La Liga setelah bermain imbang dengan Barcelona pada hari terakhir musim

Luis Enrique

Tahun: 2014-17
Trofi: Copa del Rey (3), La Liga (2), Liga Champions 2014/15, Piala Super Eropa 2015, Piala Dunia Antarklub 2015, Piala Super Spanyol 2016

Luis Enrique adalah murid dari Louis van Gaal. Ia berhasil memaksimalkan kekuatan trio MSN sehingga sukses mempersembahkan treble pada musim pertamanya bekerja di Camp Nou.

Setelah meraih tiga gelar, Enrique berhasil memenangkan dua gelar domestik pada musim berikutnya. Pria berusia 47 tahun itu memutuskan mundur pada musim ketiganya yang terbilang kurang sukses lantaran hanya mampu memenangkan Copa del Rey.

Meskipun begitu, Enrique akan tetap diingat karena membuat Barcelona percaya bisa melakukan comeback luar biasa dalam sejarah Liga Champions saat berhadapan dengan PSG.

About the author

Related Posts