Pemain Yang Terduga Menggelapkan Pajak

30 Jun, 2017

Dalam beberapa tahun terakhir, Otoritas Pajak Spanyol (Hacienda) sangat rajin mengejar para pemain dan pelatih sepakbola kelas atas. Mereka menyelidiki adanya penyimpangan dalam profil pajak pesepakbola bergaji besar itu.

Hasil gambar untuk lionel messi

orang kaya yang mengemplang pajak di Spanyol memang bukan cuma pemain sepakbola saja. Konglomerat dan bahkan bangsawan kerajaan pun terbukti bersalah menggelapkan pajak mereka.

Namun pada akhirnya, popularitas pemain sepakbola memang lebih besar secara global. Alhasil, perhatian dunia pun tertuju kepada banyaknya kasus yang menimpa para pesepakbola di Spanyol.

Berikut adalah rangkuman kasus beberapa pemain sepakbola yang sempat diduga menggelapkan pajak pajak. Sebagian dihukum, sebagian bisa membuktikan diri tidak bersalah.

Lionel Messi

Lionel Messi menjadi pemain besar pertama yang namanya tercoreng akibat kasus pajak. Ia dituntut karena menggelapkan pajak sebesar 4,16 juta euro pada periode tahun 2007, 2008, dan 2009.

Messi akhirnya dijatuhi hukuman penjara 21 bulan meski sebelumnya sudah membayar berbagai denda. Upaya Messi untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan juga gagal karena Otoritas Pajak Spanyol memang sengaja ingin memberikan contoh kepada publik.

Messi pun dijatuhi hukuman percobaan 21 bulan penjara sementara ayahnya, Jorge, dijatuhi hukuman 15 bulan penjara.

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez mengakui bahwa ia tidak melaporkan penghasilannya dari hak pencitraan pribadi ke petugas pajak Spanyol. Ia alpa melaporkan kewajibannya itu pada tahun 2012 dan 2013 saat ia masih menjadi pemain Barca.

Menurut laporan Marca, Sanchez menggelapkan pajak senilai satu juta euro selama periode dua tahun itu. Namun penyelidikan atas pelanggaran Sanchez ini dimulai saat ia sudah berada di Inggris, bermain bagi Arsenal.

Dengan kata lain, sampai saat ini proses peradilan kasus Sanchez masih berlangsung. Februari lalu ia sudah terbang ke Spanyol untuk menyelesaikan kasus ini. Dengan mengaku bersalah, Sanchez bisa menghindari pengadilan dan cukup membayar denda.

Christiano Ronaldo

Berkas kasus penggelapan pajak Ronaldo sudah dilimpahkan ke pengadilan. Megabintang Real Madrid itu didakwa menggelapkan pajak sebesar 14,7 juta euro selama periode 2011 hingga 2014.

Akibat kasus ini, Ronaldo dikabarkan menjadi sangat kesal dan siap meninggalkan Real Madrid. Ia merasa menjadi korban kriminalisasi petugas pajak Spanyol.

Ronaldo juga telah dijadwalkan untuk menjalani persidangan. Tanggal 31 Juli nanti, Ronaldo akan dipanggil untuk menjalani persidangan di Spanyol. Belum bisa dipastikan apakah dia akan hadir mengingat saat ini ia masih membela timnas Portugal di Piala Konfederasi.

About the author

Related Posts