Pemain Yang Sukses Setelah Pindah Ke Tiongkok

31 Jul, 2017

Akhir-akhir ini banyak pemain yang sebelumnya bermain bersama klub populer di Eropa memilih hengkang ke klub Tiongkok. Selain mengeruk pendapatan tinggi, pindah ke klub Tiongkok uga bisa menyelamatkan karir pemain jika tengah meredup.

Hasil gambar untuk renarto agusto

Oscar, misalnya. Mantan pemain Chelsea tersebut gabung dengan Shanghai SIPG pada bulan Januari tahun ini dengan harga 60 juta pounds.

Meninggalkan Chelsea, kata Oscar, bukan melulu soal uang. Namun ia ingin menyelamatkan kariernya yang mulai meredup.

“Aspek finansial memang penting, namun ini semua bukan tentang uang,” ucap pemain Brasil tersebut membeber alasannya pergi dari Chelsea.

“Saya tidak bermain terlalu sering di Chelsea belakangan. Jadi ketika saya mendengar mereka tertarik, saya senang pergi ke sana.”

Pada pendahulu Oscar–para pemain yang sebelumnya bermain di klub terkenal di dunia lalu pindah ke Tiongkok–telah membuktikan diri kembali bersinar setelah meredup.

Paulinho

Dari: Tottenham Hotspur
ke: Guangzhou Evergrande
Harga: 11,90 juta pounds

Paulinho dipercaya akan menjadi bintang di Premier League ketika gabung dengan Tottenham dari Corinthians pada 2013 lalu seharga 17 juta pounds. Sebab sebelum pindah, pemain yang sekarang berusia 29 tahun ini mengantarkan timnas Brasil menjuarai Copa Libertadores dan Piala Konfederasi.

Dua tahun membela klub London tersebut, sinar Paulinho malah meredup. Tak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya, maka ia pun kehilangan tempat di dalam skuat utama Brasil. Dan di akhir musimnya di Tottenham, Paulinho hanya tiga kali bermain di Premier League.

Paulinho menemukan kepercayaan dirinya setelah menjadi kepercayaan di Guangzhou. Ia kembali menjadi pemain reguler di timnas Brasil yang akan bermain di Piala Dunia 2018. Ia juga santer

Renato Augusto

Dari: Corinthians
Ke: Beijing Guoan
Harga: 6,80 juta pounds

Pemain asal Brasil ini pernah menjalin kontrak dengan klub Bundesliga, Bayer Leverkusen, selama tiga tahun setengah. Sayangnya, mantan pemain Flamengo tersebut gagal bersinar.

Pada tahun 2012, ia kembali ke Brasil untuk bergabung Corinthians hingga bulan Januari tahun lalu.

Keputusan pindah ke klub Ibukota Tiongkok, Beijing Guoan, merupakan keputusan yang tepat. Tahun ini, Augusto kembali dipercaya sebagai penggawa timnas yang telah mencatatkan 16 penampilan.

Selama membela Beijing Guoan, gelandang 29 tahun tersebut mencatatkan 44 penampilan, mengumpulkan sembilan gol dan memberi lima assist.

Papiss Cisse

Dari: Newcastle United
Ke: Shandong Luneng
Harga: 5 juta pounds

Cisse mencuri perhatian ketika menjalani musim perdananya bersama Newcastle setelah pindah dari klub Jerman, Freiburg, pada tahun 2012. Di 14 laga perdananya di Premier League, ia mampu mengumpulkan 13 gol. Empat musim berikutnya, ia hanya mampu mengumpulkan 24 gol.

Setelah Newcastle degradasi dari Premier League pada 2016 lalu, Cisse mendapat tawaran pindah ke Shandong Luneng.

About the author

Related Posts