Pelatih Real Madrid Terbaik

Pelatih Real Madrid Terbaik

08 Dec, 2017

Real Madrid punya reputasi sering melakukan bongkar pasang pelatih. Selama berjalan 114 tahun, raksasa La Liga telah merekrut 38 pelatih dan Arthur Johnson adalah pelatih pertama yang ditunjuk Los Blancos pada tahun 1910. Sejak saat itu, klub mampu menorehkan sejarah dengan menjadi salah satu klub sepakbola paling sukses sepanjang masa.

Hasil gambar untuk jose mourinho

Madrid dikenal memiliki sejumlah bintang kelas dunia di dalam skuatnya seperti Cristiano Ronaldo, Alfredo di Stefano, Ferenc Puskas, dll. Namun, mereka juga tidak akan mungkin bisa menang 32 gelar La Liga, 19 trofi Copa del Rey dan rekor 11 trofi Piala Eropa / Liga Champions tanpa ditangani oleh pelatih yang luar biasa

Berikut adalah  pelatih terbaik Real Madrid sepanjang masa.

Zinedine Zidane

Mungkin masih banyak yang meragukan Zinedine Zidane karena masih belum cukup lama menangani Real Madrid. Meskipun begitu, pria asal Prancis itu sudah mampu menorehkan prestasi yang luar biasa selama periode singkat memimpin Los Blancos.

Zidane menjadi berita utama setelah ditunjuk menggantikan Rafael Benitez pada bulan Januari 2016. Ia mewarisi skuat yang berantakan tapi dalam waktu lima bulan mampu mengantar mereka mengangkat trofi Liga Champions.

Zidane tercatat sebagai pelatih kedua tersukses dalam sejarah Real Madrid dalam hal persentase kemenangan, dengan  72,13% masih kalah dari Carlo Ancelotti sebesar 74,79%. Zidane juga menorehkan rekor tidak terkalahkan selama 40 pertandingan beruntun di semua ajang kompetisi, rekor terbaik di sepakbola Spanyol.

Jose Mourinho

Mourinho mungkin lebih sering diingat karena kegagalannya menghadirkan La Decima ketimbang kesuksesannya di Real Madrid.  Meskipun begitu, pria Portugal itu punya persentase kemenangan terbaik ketiga di klub dengan memenangkan 71.91% dari 178 pertandingan selama menangani klub.

Meski punya reputasinya sebagai pelatih defensif, Real Madrid secara mengejutkan ternyata mampu mencetak 475 gol – hanya kalah dari era Miguel Munoz. Mourinho mengakhiri karirnya di Madrid setelah memenangkan satu La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Mourinho juga punya noda selama di Santiago Bernabeu setelah berseteru dengan ikon klub seperti Sergio Ramos dan Iker Casillas. Selain itu, Mourinho juga pernah menelan kekalahan memalukan 0-5 melawan Barcelona dalam laga El Clasico pertamanya. Di luar itu semua, Mourinho masih tercatat sebagai salah satu pelatih terbaik Real Madrid.

About the author

Related Posts