Para Pemain Tim Scudetto Roma 2001

29 Jun, 2017

 AS Roma pernah merengkuh juara Serie A pada musim 2000/01. Namun, itu menjadi gelar terakhir mereka di liga dan sampai sekarang belum mampu meraih kesuksesan serupa.

Hasil gambar untuk francesco antonioli

Kala itu Giallorossi bisa menjadi juara karena ditangani oleh pelatih kawakan Fabio Capello. Mantan manajer Inggris itu berhasil memadukan bintang-bintang lapangan hijau seperti Gabriel Batistuta, Vincenzo Montella hingga Cafu menjadi sebuah kekuatan yang menakutkan di Serie A.

Sekarang, semua pemain tersebut sudah tak ada di sana. Dalam skuat Roma musim lalu, hanya menyisakan Francesco Totti yang baru saja memutuskan pensiun pada musim panas ini.

Lalu, di manakah skuat juara Roma saat itu, sekarang?

Kiper

Francesco Antonioli

Produk akademi AC Milan, Francesco Antonioli adalah pemain yang senang pindah-pindah klub dalam karirnya selama 26 tahun, membela sembilan klub secara keseluruhan, termasuk Bologna dan Cesena dua kali.

Antonioli bergabung dengan Roma pada tahun 1999 dan penampilannya di musim pertamanya membuatnya masuk ke skuat Italia di Euro 2000, di mana ia menerima medali runner-up.

Antonioli pensiun dari sepakbola pada 2012 saat berusia 42 setelah menghabiskan tiga tahun bersama Cesena di mana ia kemudian menjadi pelatih kiper.

Bek

Aldair

Aldair mengalami cedera dalam perayaan juara di pertandingan terakhir tapi 330 penampilannya untuk AS Roma tidak akan pernah terlupakan. Seorang legenda sejati di jantung pertahanan Capello, ia juga bisa berbangga dengan medali juara Piala Dunia setelah membantu Brasil mengangkat trofi tersebut pada tahun 1994.

Aldair pindah ke Genoa pada tahun 2003 dan terus bermain sampai usia 43 dengan tim dari San Marino, Murata. Setelah pensiun, nama Aldair masuk hall of fame Roma dan jersey nomor enamnya sempat dipensiunkan sampai 2013 ketika mulai dipakai Kevin Strootman.

Gelandang Tengah

Damiano Tommasi

Damiano Tommasi baru saja gantung sepatu pada tahun 2015 setelah kembali dari masa pensiun untuk bermain untuk La Fiorita setelah enam tahun absen dalam sepakbola.

Tommasi adalah gelandang bertahan yang tangguh dan memainkan 333 pertandingan untuk Roma. Ia terbukti menjadi rekan duet lini tengah yang sangat bagus bersama Emerson atau Hidetoshi Nakata selama musim juara 2000/01.

Pasca pensiun, Tommasi mendirikan sebuah perusahaan di Tiongkok bernama Tommasi Pretti Seeber Sports Culture & Exchange Co.Ltd, yang bertujuan menjadi jembatan antara benua Eropa dan Asia dalam bidang sepakbola. Ia juga pernah menjadi presiden Asosiasi Pesepakbola Italia pada tahun 2011.

 

About the author

Related Posts