Nasib Para Pemain Naturalisasi Belanda Di Indonesia

26 May, 2017

Setelah sempat terhenti, PSSI telah memutuskan untuk membuka ruang bagi pemain naturalisasi untuk membela timnas Indonesia. Pilihan pun dijatuhkan pada pemain asal Belanda yang berposisi sebagai penyerang yakni Ezra Walian.

Hasil gambar untuk diego michiels

Ezra resmi menjadi Warga Negara Indonesia usai diambil sumpahnya pada Kamis, (18/5/2017) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, Ezra dengan khusyuk juga menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Secara keseluruhan, Ezra menjadi pemain ke-12 yang di naturalisasi. Secera khusus, mantan penyerang Jong Ajax ini menjadi pemain ke-8 asal Belanda yang menjalani proses naturalisasi. Irfan Bachdim tidak masuk hitungan karena ia memilih sebagai warga Indonesia meski pada waktu yang sama punya kesempatan jadi warga Belanda.

Dari tujuh pemain naturalisasi asal Belanda sebelum Ezra, tidak semuanya meraih sukses. Ada yang pula pemain yang bisa disebut gagal total. Lantas, bagaimana nasib para pemain naturalisasi asal Belanda sebelum Ezra? Simak selengkapnya

Tonnie Cusell, Berakhir di Klub Amatir

Nama lengkapnya Tonnie Harry Cusell Lilipaly, pemain yang berposisi gelandang ini masuk dalam gelombang pemain naturalisasi yang disiapkan untuk tampil di Piala AFF 2012. Hanya saja, kehadiran Tonnie tidak mampu memberi dampak yang terlalu banyak.

Tonnie kemudian bergabung dengan Barito Putera di Indonesia Super League 2014. Pelatih Barito Putera saat itu, Salahudin, rupanya tidak cukup terkesan dengan kemampuan mantan pemain FC Twente ini. Tonnie lebih banyak duduk di bangku cadangan bahkan tidak masuk skuat.

Kabarnya, Tonnie kerap bersikap tidak profesional seperti terlalu banyak menghabiskan waktu di malam hari dan tidak serius saat latihan. Tonnie pun didepak pada musim selanjutnya.

Berdasarkan pada Transfermarkt, saat ini Tonnie sudah pensiun pada usia 34 tahun. Klub terakhir yang dibela oleh Tonnie yakni Ajax Amateurs, klub yang berlaga di kompetisi kasta kelima di Belanda. Klub ini masuk dalam kategori klub amatir.

 

Diego Michiels Kesulitan Tembus Timnas Senior

Diego Michiels masuk dalam proyek naturalisasi untuk guna membela Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2011. Sebelum datang ke Indonesia, Diego punya karir bersama klub Belanda, Go Ahead Eagels.

Diego tampil cukup baik di Timnas U-23 asuhan Rahmad Darmawan dan sukses menembus babak final, meski akhirnya kalah dari Malaysia. Diego sempat diharapkan masuk dalam skuat Timnas di Piala AFF 2012. Namun, ia tersingkir karena tersandung kasus kriminal.

Sempat masuk ke Timnas U-23 yang bermain di SEA Games 2013, Diego hingga saat ini kesulitan untuk menembus skuat Timnas Senior. Silih berganti pelatih Timnas berganti, nama Diego masih belum dilirik.

 

 

About the author

Related Posts