Kelebihan Dari Barcelona Dan Real Madrid Dari Tahun Ke Tahun

01 Sep, 2017

Real Madrid menikmati musim yang sukses di bawah arahan Zinedine Zidane. Mereka mampu menyabet dua gelar dengan memenangkan La Liga dan Liga Champions.

Hasil gambar untuk madrid vs barca

Sementara itu, sang rival Barcelona juga menutup musim dengan dua gelar. Pasukan Luis Enrique keluar sebagai pemenang dalam ajang Piala Super Spanyol dan juga Copa del Rey.

Hal ini tentu saja tampak berbeda jika dibandingkan beberapa tahun belakangan ini di mana Barcelona selalu berada di atas Madrid dalam perolehan gelar. Namun, kini Madrid mulai menunjukkan dominasinya di bawah Zidane.

Lantas, siapa yang menjadi klub terbaik dalam 10 tahun terakhir? Berikut ini perbandingan musim Barcelona dan Real Madrid sejak tahun 2007

2007/2008

Barcelona
Ini adalah musim terakhir Frank Rijkaard di Camp Nou dan seperti terasa akhir dari era Barcelona. Mereka gagal memenangkan trofi apapun setelah finis posisi tiga di liga dan kalah di babak semifinal baik Copa del Rey dan Liga Champions.

Ini juga menjadi musim terakhir Ronaldinho di Barcelona dan tahun pertama Lionel Messi mulai menjadi pemain kunci Barcelona dengan mencetak 16 gol dari 24 pertandingan.

Real Madrid
Meski Real Madrid lebih buruk dari Barcelona di Copa dan Liga Champions – tersingkir di babak 16 besar – mereka mampu memenangkan gelar liga. Ditangani Bernd Schuster, Madrid memenangkan La Liga setelah unggul delapan poin dari Villarreal dan berjarak 18 poin dari Barcelona.

2012/2013

Barcelona
Barcelona tidak bisa jauh dari posisi puncak terlalu lama. Mereka memenangkan La Liga di bawah pelatih baru Tito Vilanova tapi tidak sukses di Piala Super Spanyol – kalah dari Real Madrid –  Copa dan Liga Champions.

Real Madrid
Real Madrid memulai musim dengan mengalahkan Barcelona di Piala Super Spanyol tapi pasukan Jose Mourinho gagal memenangkan trofi lainnya. Mereka tertinggal 15 dari pimpinan klasemen liga, kalah dari Atletico Madrid di final Copa dan takluk dari Borussia Dortmund di semifinal Liga Champions.

2016/2017

Barcelona
Barcelona kalah dalam perburuan gelar La Liga dari Real Madrid. Meskipun begitu, mereka mampu memenangkan Copa dan Piala Super Spanyol. Kampanye Liga Champions mereka cukup buruk – selain comeback lawan PSG – dan tidak mengherankan jika Luis Enrique memutuskan mundur pada akhir musim.

Real Madrid
Pada musim penuh pertama Zinedine Zidane di Sanatiago Bernabeu, ia mampu meningkatkan prestasinya dengan membawa Real Madrid menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan trofi Liga Champions sejak berganti nama pada 1992 dan juga merengkuh gelar La Liga. Selain itu, Madrid sebelumnya juga berhasil memenangkan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

About the author

Related Posts