Beberapa Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya

19 Jul, 2017

Bursa transfer musim panas sudah resmi dibuka dan pemilik klub di seluruh dunia mendapat tekanan untuk membelanjakan uangnya guna membeli pemain baru. Tak terkecuali juga di Premier League yang dikenal sangat royal dalam membeli pemain.

Hasil gambar untuk john w henry

Klub Premier League yang punya kekuatan finansial yang kuat tentu saja bisa dengan mudah mendapatkan pemain incarannya. Hal itu tidak terlepas dari besarnya kucuran dana yang telah diberikan pemilik klub.

Siapa saja pemilik klub yang telah menggelontorkan modal besar kepada klub-klub Premier League?

Manchester City

Investor: Pemerintah Tiongkok
Investasi: 265 juta pounds

Sheikh Mansour adalah orang yang membeli Manchester City sehingga bisa mengubah wajah sepakbola Inggris, tapi sebenarnya pemerintah Tiongkok yang telah berinvestasi paling besar ke klub.

Grup CITIC sudah menginvestasikan dana sebesar 265 juta pounds ke dalam skuat, sementara Sheikh Mansour, yang merupakan wakil perdana menteri UEA, mengucurkan uang sebesar 210 juta pounds ke dalam tim.

City sudah berkembang sangat pesat dalam beberapa musim terakhir. Mereka bertransisi dari tim papan tengah menjadi tim yang mampu menarik manajer sekaliber Pep Guardiola dan juga sejumlah pemain terbaik dunia.

Liverpool

Investor: John W. Henry
Investasi: 300 juta pounds

Pemilik utama Liverpool memiliki kekayaan sekitar 1,8 miliar pounds yang bersumber dari bisnis dan investasi. Dia juga memiliki tim bisbol Boston Red Sox dan koran Boston Globe.

Liverpool belum tercatat melakukan transfer yang menarik perhatian dalam beberapa musim terakhir. Manajer Jurgen Klopp cenderung bekerja secara efisien dan hal itu bisa dilihat dari perekrutan Dominic Solanke secara gratis dari Chelsea. Meskipun begitu, mereka baru saja menuntaskan transfer Mohamed Salah dari AS Roma senilai 37 juta pounds.

Tim yang bermarkas di Anfield tersebut masih belum pernah memenangkan Premier League dan hal itu harus menjadi target utama pengusaha asal Amerika Serikat tersebut.

Arsenal

Investor: Stan Kroenke
Investasi: 450 juta pounds

Kroenke merupakan pemegang saham terbesar di Arsenal. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 5,9 miliar pounds, tapi hal itu justru tidak membuat The Gunners sangat royal di bursa transfer.

Arsenal merupakan tim Premier League yang cukup konsisten selama 20 tahun terakhir, tapi sudah lebih dari 10 tahun tidak memenangkan gelar Premier League sehingga para suporter menjadi resah. Mereka bahkan sekarang menjadi semakin geram karena Arsenal enggan mengeluarkan dana transfer yang besar.

Pada musim lalu, Arsenal untuk pertama kalinya finis di luar zona Liga Champions sejak Arsene Wenger berkuasa dan miliarder Rusia Alisher Usmanov, yang sudah menginvestasikan lebih dari 157 juta pounds, siap untuk menambah sahamnya di klub.

About the author

Related Posts