Alasan Barcelona Datangkan Paulinho

20 Aug, 2017

Barcelona akhirnya resmi mendatangkan Paulinho dari Guangzhou Evergrande pada musim panas ini. Gelandang asal Brasil itu ditebus dengan biaya sebesar 40 juta euro.

Hasil gambar untuk paulinho

Paulinho sebenarnya punya karir yang mengecewakan saat bermain bersama Tottenham. Namun, hal itu justru tidak membuat Barca ragu untuk merekrut sang pemain.

Namun, mengapa Paulinho menjadi pembelian pertama Barca setelah mereka menjual Neymar ke PSG dengan rekor transfer 222 juta euro? Berikut ini alasannya

Barcelona Butuh Gelandang

Paulinho tentu saja bukanlah pengganti Neymar. Mereka tidak bermain di posisi yang sama dan tidak berada di level yang sama.

Barcelona punya sejarah menggeser posisi pemain – Javier Mascherano berubah dari gelandang bertahan menjadi bek tengah. Sergi Roberto bahkan disulap dari gelandang tengah menjadi bek kanan pada musim lalu.

Meskipun begitu, Paulinho bisa dipastikan tidak akan menjadi pemain sayap kiri. Namun, menjelang akhir musim lalu, Barcelona sangat membutuhkan tambahan pemain di lini tengah.

Andres Iniesta semakin tua dan rekrutan musim panas lalu, Andre Gomes dan Denis Suarez tidak bisa menunjukkan permainan yang mengesankan.

Secara garis besar, mendatangkan gelandang baru termasuk Paulinho sangat masuk akal.

Valverde Berusaha Membuat Tim Lebih Kuat

Pelatih baru Ernesto Valverde yakin Barcelona masih belum bisa tampil agresif. Hal itu bisa dibuktikan saat mereka kalah melawan 10 pemain Real Madrid pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol.

Valverde berharap Paulinho bisa menambah kekuatan timnya. Pemain asal Brasil itu akan memberi tekanan kepada Andre Gomes atau Denis Suarez, dan juga lebih agresif dari Ivan Rakitic atau Andres Iniesta.

Athletic Bilbao saat masih ditangani Valverde memainkan sepakbola yang indah, tapi mereka tidak takut terjebak dan membiarkan lawan tahu mereka ada di sana.

Barcelona bukanlah tim yang mengandalkan permainan fisik, dan Paulinho pasti akan menambahkan elemen ekstra itu ke dalam skuat.

Sudah Bangkit di Tiongkok

Tidak adil rasanya menilai Paulinho hanya berdasarkan kiprahnya di Tottenham. Namun, saat dia bergabung ke London Utara, Paulinho adalah target transfer Real Madrid dan kedatangannya bisa dibilang pembajakan yang sukses.

Setelah gagal di Premier League, pindah ke Tiongkok justru membangkitkan karir Paulinho. Ia di sana bertemu kembali dengan Luiz Felipe Scolari yang memanggilnya di skuat Brasil pada Piala Dunia 2014.

Guangzhou Evergrande sudah memenangkan empat gelar beruntun saat Paulinho tiba dan ia membantu mereka meraih gelar kelima dan keenam serta memainkan peran penting di tim. Scolari menjadikan Pulinho sebagai pusat permainannya.

Paulinho tampil sangat impresif sehingga membuatnya kembali masuk timnas Brasil dan mencetak hattrick melawan Uruguay pada bulan Maret.

About the author

Related Posts